berkaca tentang kejujuran ..(cerita dompet hilang di jepang)

Serasa ga percaya tapi percaya dan memang percaya ketika dua orang temanku yang kehilangan dompetnya tapi tenang tenang saja  padahal isinya uang dengan jumlah lumayan dan yang paling penting karena semua identitas orang asing ,kartu asuransi ,ATM,dsb  masuk dalam dompet yang ilang tersebut..hilangnya bukan karena kecopetan sih tapi karena jatuh dan ceroboh saat habis belanja.

dscf0190

pict ;japanese children  still playing  with  flowers taken by me

Cerita seorang dari seorang temanku yang juga sama sama di jepang saat ini..dia kehilangan dompet saat habis belanja di super market yang jelas karena ceroboh sehingga dompet tidak masuk ke kantong tapi nyungsep di keramaian..sadar dompetnya jatuh balik lagi sekitar 1 jam kemudian ketika sudah sampai di apartemen,,balik lagi ke super marke tanya ke ruang informasi dan ternyata dompet sudah di temukan orang dan di bawa ke ruangan informasi..saat tanya ke petugas yang di sana perihal dompet jatuh di suruh ngecek sendiri barang yg ilang di antara setumpuk barang bernasib sama yang belum di ambil pemiliknya, dan ternyata dompetnya ada bersama barang barang lain yang tentunya bernasib sama..cek and ricek ternyata isi dompet masih utuh…ckckc tidak heran karena sedang di jepang bror..

Tak berselang lama teman ku yang satu lagi juga ceroboh .dompetnya jatuh entah di mana..yagh tenang tenang saja ga lama ntar juga balik ..mungkin begitu pikirnya..dan ternyata benar..tak selang beberapa hari dapat deh panggilan dari kantor polisi nya jepang di wilayah tersebut..bukannya ada kasus apa apa tapi hanya disuruh memastikan apa bener dompetnya ilang ..dan langsung deh meluncur ke kantor polisi buat ngurus tuh dompet ke kantor polisi..setelah memastikan semua identitas dan cocok,. dompet pun akhirnya kembali utuh, semua isinya ga ada yang berkurang satupun..ternyata usut punya usut dompet tersebut di temukan oleh seseorang dan di serahkan nya ke koban (kantor polisi) terdekat..

Heran ,..rupanya masih ada juga kejujuran di jaman sekarang..Tapi itu dijepang bror..tidak heran kalau di jepang hal yang demikian .Mulai dari jualan barang bekas saja semua sudah di cantumkan semua kekurangan yang ada tinggal pilih sesuai harga..ada barang ada kualitas..Barang anda ketinggalan di bus atau di kereta lalu anda lapor ke kantor yang bersangkutan mengurus barang anda di jamin kemungkinan kembali 90%-100%..sekalipun barang berharga..

Jadi geli sendiri ..sudah bawa barang di gembok dimasukin kotak ,di gembok  lagi,dimasukin tas aja bisa ilang kalau di negeriku ..siapa lagi biang keladinya kalau bukan sang pencopet  di bus kota atau di kereta api..Kadang merasa aneh dan heran bahwa sebuah negeri yang dianggap tidak beragama tapi masih menganggap penting nilai sebuah kejujuran..

Sering juga menjumpai seorang nenek di dekat apartemen yang menjual hasil kebunnya seperti jeruk atau apel ataupun kaki (buah khas jepang)..hanya di taruh di depan rumah dan diletakkan sebuah kotak semacam kotak amal dan siapa yang mau beli buah itu tinggal mengambil buah yang tersedia dan memasukkan uang kedalam kotak sesuai harga yang di tempel di situ..yang jelas sang nenek tidak menunggui jualan di depan rumahnya dari pagi sampai sore..tapi di biarkan saja..karena dia mungkin masih percaya di negerinya masih menjujung tinggi nilai nilai kejujuran..

Meski dimana pun karakter seseorang selalu tergantung kepada pribadinya masing masing..tapi saya merasa di jepang masih mendapatkan sebuah rasa kenyamanan untuk menikmati kejujuran dan rasa percaya.Dan harus diakui bahwa kita bangsa korup..tapi apakah cerminan sebagai bangsa korup akan melekat terus menerus sampai anak cucu kita ..saya bisa berkaca sebuah nilai kejujuran yang di junjung tinggi oleh jepang mulai dari hal yang kecil..menikmati sebuah kenyamanan dan ketenangan  apalagi sebuah nilai kejujuran …untuk mendapatkan rasa itu sangat tidak bisa terukur oleh nilai sebuah materi..

Perihal

aku adalah aku apa adanya seorang yang berjalan mengikuti garis hidup tapi bukan seorang yang psarah kadang selengekan meski bukan slanker kadang romantis meski bukan arjuna kadang jadi anak manis kadang pethakilan meski bisa berubah ubah tapi bukan bunglon bukan pula banci karena aku selalu gentleman dalam setiap urusan..

Tagged with: , , , , , , ,
Ditulis dalam jepang, merenung
6 comments on “berkaca tentang kejujuran ..(cerita dompet hilang di jepang)
  1. Joddie mengatakan:

    Wah kapan ya Indonesia bisa kayak gini ?

  2. Arek SBY mengatakan:

    Jadi inget waktu dompet sy ilang. Meskipun kembali lagi, tapi duitnya dah ga adaaaaaa…. . Tapi tetep bersyukur coz surat2nya itu yg kalo ikut ilang. Ngurusnya ribet.

  3. hokky mengatakan:

    lha itu baru dompet brur….lha kamu aza kalo ilang bisa balik lagi kok ke apato(kost)mu….iya kan….di jamin utuh …tuh….

  4. bocahbancar mengatakan:

    Nah itu dia Maz yang patut Maz Giyz kemabangkan ketika nanti balik ke Indonesia…

    Saya juga mendukung sepenuhnya kok Maz..

    Sebenarnya itu orang jujur masih banyak kok di Indonesia ini, cuman butuh penguatan saja supaya bisa dan berani muncul kepermukaan..

    iya betul ..makanya kamu juga sebarkan virus virus juga dong sbg generasi muda …semangatz..

  5. fairly mengatakan:

    klu dlihat dr tulisan giyzt, apa tdk ada kejahatan sedikitpun dsana..?? koq kykx damai2 aj y…

    kejahatan selalu ada dimana mana cuma kalau anda disini dan menyaksikan berita kejahatan di Indonesia hanya bisa ngelus dada..waspadalah kata bang napi..

  6. anjar setya mengatakan:

    orang jepang jujur-jujur ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tamu yang terhormat
  • 137,763 jabat tangan
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Arsip
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
%d blogger menyukai ini: