Berbohong demi kebaikan..salahkah

Beberapa hari yang lalu ada seseorang yang terpaksa berbohong..wah wah ya namanya bohong pasti dibebani dengan perasaan bersalah yang rasanya berat segunung di hati.Bukannya suka kebohongan tapi kali ini merupakan situasi dimana dia harus berbohong demi kebaikan seseorang..Bagaiamanapun bentuknya bohong tetaplah bohong ,..apapun alasannya demi mencari pembenaran dari sebuah kebohongan adalah tetap bohong..

laut

pict:ketika ku pandang laut di nagoya port japan

Tapi bohong yang ini mungkin beda dengan kebohongan yang biasa…Dia berbohong demi kebaikan seseorang yang sangat dia cintai ..dia sendiri nggak mau berbohong sebenarnya, tapi apa daya dia lakukan semua ini karena dia mencintai seseorang yang dikasihinya..demi masa depan orang yang dikasihinya dia harus berbohong meski menyakiti dirinya sendiri dan orang yang dia sayangi..Mungkin seseorang yang dia bohongi tidak akan pernah mengerti bahwa dia telah dibohongi demi kebaikan nya sendiri..

Sebagai contoh, seorang ibu harus rela membohongi anaknya yang masih kecil agar mau minum obat yang rasanya pahit  agar anaknya yang sakit dan masih kecil serta takut akan obat mau minum obat yang diberikan dengan mengatakan bahwa obat itu adalah madu atau permen..kebohongan si ibu tentunya beralasan tidak ingin lama lama anaknya sakit ..meski jalan satu satunya dia harus berbohong..

Contoh lainnya;

Ada sepasang yang saling mencintai dan akan  menikah, mungkin ini berkaitan dengan paragraf kedua diatas..Mereka berdua tahu bahwa mereka saling mencintai.Ada situasi  dimana si laki laki begitu mencintai kekasih perempuannya.Dan mungkin sang perempuan juga sangat menyayangi sang laki laki..Tanpa sepengetahuan si perempuan ternyata si laki laki mengidap suatu penyakit yang berbahaya dan dia tidak ingin membuat sengsara kekasihnya dengan menceritakan sakit yang dideritanya kepada kekasihnya ..dia tidak ingin membuat masa depan kekasih wanita nya menderita dengan terpaksa berbohong dan mengaku bahwa dia punya wanita lain ..tentu hal ini membuat  si wanita sangat patah hati..

Alkisah  kisah keduanya hancur di tengah jalan. karena sakit hati si wanita memutus kan cinta si laki laki ..dan memang itu yang di inginkan oleh si laki laki,agar kekasihnya pergi mencari pria lain dan bisa hidup bahagia di masa depannya ..mungkin si perempuan tidak pernah tahu bahwa mantan kekasihnya telah berbohong dan dia tetep memendam sakit hatinya..tapi bagi si laki laki  meskipun dia sendiri merasa sangat sakit tapi dia sadar dia harus melakukan yang terbaik untuk kekasihnya (dari cara pandang si laki laki..)

Itu mungkin hanyalah sebuah contoh kisah..dan tentunya banyak kisah kisah yang lain yang mengharuskan seseorang harus berbohong demi kebaikan orang yang dicintainya..Dari sisi agama saya yakin bentuk apapun sebuah kebohongan adalah tetap salah..karena pasti dari sudut yang beda dan pola pikir yang beda akan menghasilkan tindakan yang berbeda pula..Tapi dari segi manusia awam pasti pernah diantara anda yang melakukan sebuah kebohongan..saya tidak ingin membahas kebohongan yang biasa anda lakukan tapi kebohongan luar biasa demi kebaikan seseorang.

Saya minta pendapat anda yang kesasar kesini kalau anda termasuk orang yang jujur …


Perihal

aku adalah aku apa adanya seorang yang berjalan mengikuti garis hidup tapi bukan seorang yang psarah kadang selengekan meski bukan slanker kadang romantis meski bukan arjuna kadang jadi anak manis kadang pethakilan meski bisa berubah ubah tapi bukan bunglon bukan pula banci karena aku selalu gentleman dalam setiap urusan..

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam merenung, religius
6 comments on “Berbohong demi kebaikan..salahkah
  1. Bambang Sriwijonarko mengatakan:

    Ya gimana kita menanggapinya saja…..
    Namanya Juga “Bohong”
    Ada baiknya juga ada buruknya
    Salam kenal….

  2. fairly mengatakan:

    ….sebenerx sakit hati n sebel bgt klu dbohongi mesQ tuk kebaikan Q, tp klu posisi Qt hrs berbohong, dah kebayang d bencix org itu sm aQ n pastix rasa bersalah itu hrs Q tanggung seumur hidup… (sedih gue, inget dosa sm seseorang. maafin aQ y)

  3. gruunliebe mengatakan:

    berbohong itu kita udh bersikap g adil ma orang lain…
    mungkin benar berbohong demi kebaikan kadang kala bisa ditoleransi,,tp tetep memilah2 pada kasus apa..
    kalo mis kasus si ibu memberi obat pada anknya itu berbohong yg sangat bisa dimaklumi (walaupun sebenernya ada cara ngasih obat selain dgn berbohong,,mis si ibu blg gini “adek pngin maen lagi??pngin sekolah lagi??pngin jlan2 lg gag?kalo pingin..adek hrs sehat kaan?makanya adek minum obat ini yah biar sembuh n maen lagi..) itu contoh sederhananya siy.
    Dan sama halnya dgn kasus kedua (pasangan yg saling mencintai) sebenernya si lelaki berbohong dgn blg kalo dia pnya cewek lain,,heii..itu sangat menyakitkan lwo.
    kenapa hrs berbohong?
    kan bisa saja jujur ke ceweknya kalo dia pnya penyakit, masalah nanti ke depannya,itu sebuah pilihan…toh kita gak tau kan kita hidup sampai umur berapa?bisa jdi org yg keliatan sehat2 sja tp umurnya pendek (itu semua hak mutlak Tuhan kan?)
    sekali lg berbohong itu gak adil😦

    uhmm..panjang bener yak komen ku??hehee…

    eniwe, salam kenal iaah…

  4. Arek SBY mengatakan:

    Pendapat saya pribadi sih, gimanapun juga kebohongan itu sebuah perbuatan yg tidak baik dan tidak patut dicontoh. Bagaimanapun alasannya, coz jika untuk kebaikan, itu hanya sesaat saja. Dikemudian hari cepat ato lambat akan ada akibatnya.
    Contohnya seperti yg diatas, seorang ibu yg berbohong agar anaknya minum obat. Memang jika dilihat sesaat, alasan berbohong bisa diterima. Tapi apa akibatnya pada si anak, si ibu sudah menebar benih “kebohongan” untuk ditanamkan pada si anak.

    Itu hanya pendapat pribadi saya.

  5. Febe Fernita T mengatakan:

    “B’bohong demi kebaikan”
    Mmm..utk kebaikan spa dulu ne..?
    klo k’baikan diri sndiri mah, sma aja boong iaa..??
    tp klo bt k’baikan org yg d’boongin, mgkin msih bisa
    d’pertimbangkan…!! (hmm..bingung juga)
    kLo akuu se gag suka d’boongi, cZ skali boong
    b’arti dah gag bisa d’percaya..
    Tpi knapa akuu juga msih suka boong ya
    (mkzt’y kLo Lg kepepet aja..), He…he…
    Oiaa..ngambil gmbar’y pas tuh, keren..keren..!!
    Slam kenal aja daH..

  6. Zangarzirah mengatakan:

    Ada bberapa org yg ngecengin pacarku. Satu hari krn kcurigaanku ma dia, akhirnya aku interogasi dech. Trnyata pacarku itu suka jalan bareng, mkn di cafe n prgi bareng ma cwo2 yg ngecengin dia itu. Kata dia, dia bohong buat kbaikanqu, biar aku ga marah, yg jelas dia tetep jaga hati gtu ktanya. Bingung, mnurut kalian gimana?.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tamu yang terhormat
  • 137,744 jabat tangan
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Arsip
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
%d blogger menyukai ini: