In my brain:..“eco point system vs manohara ..“

Tulisan ini mungkin tidak ada kaitan secara langsung dengan kasus manohara odelia pinot maupun gosip gosipnya..karena secara tidak langsung via dunia cyber dengung kasusnya sampe juga di telinga orang Indonesia di pelosok dunia maka saya akan menuliskan sedikit tulisan dengan tema yang lebih menyedot perhatian saya ketimbang kasus manohara dan perseteruannya..

kankyou ni yasashii 環境 に 優しい kata kata ini seakan menjadi dengungan yang tak henti hentinya  di jepang.Kalau dalam bahasa Indonesia kurang lebih bisa diartikan ramah  lingkungan..tentu kata kata ini tidak asing di telinga kita  .Dan yang terjadi dijepang saat ini kata kata itu tidak hanya sekedar wacana tapi actionnya memang benar benar serempak di seluruh jepang mulai dari anak anak yang di kerahkan untuk ikut menanam jutaan sakura ,membersihkan sampah sampah di pantai dari negara lain yang terbawa ombak ,peluncuran produk produk yang berbau ramah lingkungan mulai dari design rumah,mobil hibrid (eco car)yang seakan menjadi booming akhir akhir ini dengan melihat angka penjualan nya dan sistem recycle sampah nya yang bener bener diperhatikan sehingga tak jarang akan menjumpai produk produk dengan label bertuliskan  ECO..eco tours japan logo

Gencar nya gerakan untuk mencintai lingkungan dari iklan ,dukungan pemerintah dan produsen produsen yang berorientasi penyelamatan masa depan sungguh sangat terasa di jepang meski bagi orang asing sekalipun seperti saya..Mewujudkan wacana menjadi action memang tidak mudah tapi di jepang saya rasa bisa .Hal ini bisa dilihat dari kebijakan pemerintah jepang yang segera meluncurkan ECO POINT SYSTEM..sebuah sistem dimana ketika konsumen membeli produk produk ramah lingkungan mulai dari alat alat listrik rumah tangga, mobil dsb konsumen akan menerima kartu point yang diebut eco point..Kebijakan ini tentunya menjadi stimulus yang sangat baik bagi lingkungan dan tentunya bagi economi jepang

Setiap point yang terkumpul ketika membeli produk tertentu akan bisa di tukar dengan produk lain mulai dari tiket perjalanan ,electronic money ,dan ratusan produk lain nya..system recycle teknologi yang tentunya Jauh dari pemikiran bangsa Indonesia kebanyakan yang nampaknya lebih tertarik kepada kasus manohara akhir akhir ini ketimbang gerakan untuk peduli lingkungan ..

Sesuatu yang berbau hemat energi , ramah lingkungan  dan bisa di recycle akan menjadi sesuatu yang menjual  karena disokong oleh kebijakan pemerintahan dan kesadaran masyarakat yang benar benar terasa ..itu di jepang ..sekali lagi tulisan ini hanyalah tulisan provokatif untuk sama sama lebih  memikirkan lingkungan tidak ada kaitan langsung dengan manohara odelia pinot tentunya…

Perihal

aku adalah aku apa adanya seorang yang berjalan mengikuti garis hidup tapi bukan seorang yang psarah kadang selengekan meski bukan slanker kadang romantis meski bukan arjuna kadang jadi anak manis kadang pethakilan meski bisa berubah ubah tapi bukan bunglon bukan pula banci karena aku selalu gentleman dalam setiap urusan..

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam gaya hidup, jepang, merenung
4 comments on “In my brain:..“eco point system vs manohara ..“
  1. Fadhilatul Muharram mengatakan:

    wowwww….. asli. kagum banget sama pemerintah jepang yg peduli sama keramahan lingkungan negaranya. padahal disana SDA-nya dikit bgt kan, hampir tidak sekaya indonesia malah. bener kan??

    btw, pak, anda mendapat award dari saya. mohon diterima http://dhila13.wordpress.com/2009/06/26/awards/

    arigato gozaiiiiimasss

  2. bocahbancar mengatakan:

    Wahhh…Senangnya ya Masyarakat Jepang sana, ga cuman satu orang dua orang saja yang mempunyai keinginan seperti itu, namun sudah riil dalam bentuk kebijakan dari pemerintahnya sendiri..

    Hhmm…Indonesia bagaimana yawh..??? Saya baru saja kemaren nonton liputan Seminar Ekonomi Kerakyatan, namun ujung2nya ya memporsikan salah satu Capres-Cawapres..

    HUh..Apalagi mengenai isu lingkungan, ga bakalan dilirik banget dech…

    hiks..hiks… Sampeyan harus menjadi salah satu ikon perubahan ya Mas, abdikan seluruh pengalaman2 positif dari Jepang nanti untuk diaplikasikan di Indonesia..

    Saya siap membantu kok..😉

    Salam semangat Bocahbancar…🙂

  3. tpao mengatakan:

    wow mantttaaap

  4. aditya mengatakan:

    keren ya bro..coba di indonesia ini diterapin🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tamu yang terhormat
  • 137,763 jabat tangan
Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Arsip
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
%d blogger menyukai ini: