In my brain:..“melihat dari dekat gaya sepak bola jepang “

Mengisi hari libur ,minggu kemaren untuk mengobati kekecewaan kekalahan MU dari Barcelona ,saya menyempatkan diri untuk menengok secara langsung bagaimana seh gaya  permainan sepak bola jepang,bagaimana seh suporternya ,bagaimana seh stadionnya..etc..

IMG_0842dugh dapetnya kelas berdiri..lumayan murah meski mahal kelas krisis hehe..

IMG_0853kompaknya para supporter  jubilo ..

Bertolak dari  Aichi  saya meluncur bersama sama kawan mengendarai  si ungu  honda fit memanfaatkan mulusnya jalur tol sepanjang aichi ~sizuoka berjarak sekitar 100 km  menempuh waktu sekitar 3 jam karena harus dua kali mampir di tempat peristirahatan dan menikmati indahnya sejenak sebuah danau kalau ga salah disebut danau Hamanako .Menembus tonel tonel tol yang melalui jalur perbukitan dan menyusuri halusnya sepanjang jalan aspal dan mudahnya sistem automatisasi pembayaran tarif tol tanpa repot repot meminta karcis ataupun harus berhenti sejenak di pintu tol..membuat saya hanya bergumam ..negara ini memang pantas disebut negara maju..

Akhirnya perjalanan sampai juga masuk ke Sizuoka..karena waktu  sudah menjelang dhuhur dan perut dah krucuk krucuk maka diputuskan untuk mampir sejenak ke sebuah rumah makan atau tepatnya udon ya san dipinggiran kota iwata shi..sizuoka ..harus antri padahal perut dah berontak minta jatah..apa boleh buat setelah sekitar 20 menit baru bisa mendapatkan tempat duduk dan menerima panggilan setelah mengisi daftar pesan tempat duduk biasanya..udon (semacam mie khas makanan kesukaan masyarakat jepang pengganti nasi) meski perut ga begitu cucok sampai sekarang tapi  di cucok cucokin karena begitu lapernya..

IMG_0839duh ketagihan udong..bisa bikin sakit kanker..

Setelah sampai kucek kucek mata kelelahan dan perutpun kenyang akhirnya diputuskan mencari masjid sejenak di daerah iwata shi ..ya ampyun..Gusti Allah maafkan saya ternyata alamat masjid hasil browsingan om google meski ketemu alamatnya dari GPS bangunannya ga ketemu juga setelah muter 4 kali didaerah itu,,aaagh..dijamak deh solatnya..akhirnya dengan perasaan menyesal dan bersalah langsung menuju lokasi stadion di markas JUBILO IWATA  di sizuoka atau tepatnya di YAMAHA STADIUM yang terletak persis didepan samping kantor pusat YAMAHA jepang…aagh gedhe juga kantor pusat Yamaha..

IMG_0851berada ditengah tengah suporter jubilo iwata..

IMG_0863lapangan sedeng aja tapi ga ada kerikil bak karpet digelar..

Kebetulan pertandingan kali itu bukan J leage hanyalah Nabisco cup dimana bertemu JUBILO IWATA VS OITA TRINITA.. yagh ga apa apa deh hiburan pengganti kekalahan MU ..masuk stadion masih lengang karena rupanya masih terlalu awal  setelah menyerahkan tiket 1800 yen yang dibeli di kombini beberapa hari lalu..(lumayan mahal kalau dirupiahin jek)..begitu masuk tribun stadiun eh didatengi sama bonexnya Jubilo Iwata..diminta turun untuk menjadi supporter jubilo iwata..jyaaan harus ikut jingkrak jingkrak and terak teriak nih…okelah ..turun juga akhirnya  koar koar mensupport tim jepang yang selalu berhasil membantai tim tim tanah air dikancah piala champion asia..tentu masih ingat bagaimana SRIWIJAYA FC dibantai habis sama GAMBA OSAKA..tradisi kalah yang entah sampai kapan …moga suatu hari bisa bangkit(tengadah tangan mode on :-p)..

Berada ditengah tengah suporter dan melihat jarak dekat lapangan yang dipakai bikin saya manggut manggut ..meski kecil tapi rumputnya rek..bener bener ga ada kerikilnya..dan rumputnya bener bener mirip karpet digelar..yagh bagaimana sepak bolanya ndak maju stadiumnya juga ok,supporter nya juga ok..sportifitas juga dijaga belum lagi dukungan dana yang ndak sembarangan..pantes jepang bisa mewakili asia di kancah world cup nanti dan mentargetkan maju dibabak empat besar..target yang yang lumayan muluk tapi melihat perkembangan kemajuan sepakbola jepang selama ini tentu bukanlah hal yang muluk..

Sekali lagi manggut manggut saya..hmm melihat jarak dekat permainan jubilo iwata dan oita..rasanya ga istimewa amat ,postur pemainnya juga biasa ukuran asia meski di tipi kalau dibandingin ma pemain kita kelihatan menang tinggi dan menang putih ..tapi untuk sepak bola postur bukan jaminan meski menunjang cealah gaya saya waktu memang mirip pelatih yang manggut manggut doang sambil melirik supporter mulai yang bersuara keras mendukung timnya,kakek kakek ,anak kecil dan tak lupa tentu supporter cewek yang hehe hehe banyak juga cewek cewek ngefans ma bola..suppoerternya kelihatan lebih tertib mengikuti aturan tidak membawa botol masuk stadiun..dan tentunya saya perhatikan ada yang menarik seusai pertandingan..suppoter dengan tertib membawa sampah minuman dan makananya sendiri sendiri lalu sebelum sebelum keluar di pintu mereka dengan tertib memberikan sampahnya kepada panitia yang menyediakan plastik untuk buang sampah hal ini perlu digaris bawahi nih..kalau sepak bola mau maju juga

IMG_0868sebelum meninggalkan lapangan para pemain memberikan hormat pada supporter..

Saya juga melihat toliet umum stadion yang bersih dan ada petugasnya juga yang membersihkan..hmm meski toilet umum masih bersih juga..manggut manggut maning…begitu pertandingan usai para pemain tidak saja begitu meninggalkan stadiun  mereka bersama sama berkumpul berjajar dipinggir lapangan dan memberikan aisatsu (membungkuk khas jepang)kepada para supporter mereka sebagai ucapan bentuk terimakasih..meski pertandingan kala itu berakhir imbang 2-2 dan tim tuan rumah sempat ketinggalan tapi sama sekali ga ada ribut diantara sesama suporter..nampaknya mereka betul betul mengerti olahraga memang layak dinikmati sebagai hiburan..saya pun manggut manggut  lagi dan membatin dalam hati “pasti Indonesia suatu hari juga bisa maju sepakbolanya dan bisa bersaing dengan tim tim kuat asia  andil dalam piala dunia…tapi,..ada tapinya ..yuk tahajut dan solat hajat bareng bareng agar suporter dan pemainnya tidak menjadikan lapangan menjadi arena tinju apa lagi wasitnya sekalian dihajar..keren keren..“

Perihal

aku adalah aku apa adanya seorang yang berjalan mengikuti garis hidup tapi bukan seorang yang psarah kadang selengekan meski bukan slanker kadang romantis meski bukan arjuna kadang jadi anak manis kadang pethakilan meski bisa berubah ubah tapi bukan bunglon bukan pula banci karena aku selalu gentleman dalam setiap urusan..

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam gaya hidup, jalan jalan, jepang, Uncategorized
3 comments on “In my brain:..“melihat dari dekat gaya sepak bola jepang “
  1. Fadhilatul Muharram mengatakan:

    kagum sama semangat jepang. meski banyak fakta yang menyatakan bahwa indonesia selalu kalah trus soal sepak bola… tapi tetap yakin suatu saat kita akan meraih kejayaan itu. GARUDA DI DADAKU… GARUDA KEBANGGAANKU!

    btw, tau buku JUALAN IDE SEGAR?? bukan promosi… namun ingin berbagi kebahagiaan ilmu. untuk resensinya silahkan klik http://dhila13.wordpress.com/2009/06/13/gara-gara-jualan-ide-segar/

    siip setuju..wagh bukunya menarik juga ..udah berkunjung tp belum bisa beli deh..ntar kl pulang ke Indonesia yagh..

  2. Ando-kun mengatakan:

    Hidup Barcelona!!!!
    Hidup Shimizu S Pulse!!!:mrgreen:

    hehe..

  3. Andika mengatakan:

    Wah, keren, ini kelihatane yang belum aku lihat di Indonesia, stadion ..ehem ehem… kayak tempat sampah besar. Tapi untuk loyalitas fans Indonesia patut diacungi jempol, walaupun sportivitas perlu ditingkatkan lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tamu yang terhormat
  • 137,744 jabat tangan
Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Arsip
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
%d blogger menyukai ini: