In my brain:“wisata hati bareng ustadz yusuf mansyur in nagoya..“

Hari ini 4 mei 2009  ustadz yang dikenal dengan filosofi wisata hati nya ustadz Yusuf mansyur  menyempatkan diri untuk bersedia memenuhi undangan komunitas muslim persaudaraan jepang  yang dipelopori oleh UMIN   (Ukhuwah Muslim Indonesia Nagoya)yang di motori oleh gabungan anak anak mahasiswa dan trainee di nagoya jepang..berangkat pagi pagi menuju gedung pertemuan yang kebetulan tidak begitu jauh dari tempat saya tinggal di nagoya..Kami warga muslim di jepang tentu sangat merindukan kehadiran wejangan wejangan yang menyejukkan hati dari beliau..

ustadz yusuf mansyur

Mengambil Tema “Dengan dzikir,Fikir,ikhtiar dan sedekah“ saya akan mencoba mereview kembali sejauh apa yang yang saya ingat dan masuk di hati saya tentang kajian hari itu..

Berangkat dari tokyo sampai di nagoya petang hari beliau tidak menuju hotel yang disediakan oleh panitia tapi memilih untuk beritikaf dan bermalam di masjid  nagoya ditemani oleh rekan rekan penyeleggara  ..subhanallah satu hal yang bisa diambil  hikmah dari pilihan beliau untuk tidak memilih menginap di hotel tapi lebih memilih di masjid..

Acara kali itu dibagi menjadi dua  sesi karena terbentur oleh waktu solat dzuhur..sesi pertama diisi dengan cerita cerita motivasi perjalanan beliau dari seorang tukang es dan pernah dipenjara hingga hafal Alquran didalam penjara..dan sekarang menjadi seorang ustadz ,pengusaha dan artis motivator yang menghasilkan karya karya inspirasi islami yang luar biasa..tentu sebuah pengalaman spiritual yang luar biasa yang harus bisa diambil  pelajaran dari beliau dan kisah kisah spiritualnya..

img_0792

Secara umum ada beberapa hal yang bisa saya tangkap dari tausiah ustadz muda ini..

  • Matematika sedekah yang benar benar dijanjikan oleh Allah
  • Penyempurnaan Ibadah solat dhuha dan tahajut
  • Ada sebuah kata kata beliau yang sangat mengenai di hati saya“sugih tanpa banda (kaya tanpa harta)“

Matematika sedekah..

Bahwa janji Allah  betapa dengan kekuatan sedekah Allah akan memberikan 10x lipat bahkan lebih dari apa yang telah dia sedekahkan hartanya dijalan Allah..Ini soal keyakinan vertikal kepada Tuhan dari seorang hamba..suatu ilmu yang sangat dalam yang tentu butuh keyakinan tingkat tinggi akan kepercayaan dan kebenaran janji Allah untuk memuliakan makhluknya bila membelajakan hartanya di jalan Allah..

Sesuatu yang tidak bisa dinalar dengan akal manusia tapi atas kepercayaan akan Allah dan kekuatan Allah atas ijin Allah semua bisa terjadi bila dikehendaki oleh Allah tanpa jalan yang kita duga

Tahajut dan dhuha…

Ada efek luar biasa dari kemuliaan solat dhuha  dimana janji Allah yang akan mencukupi kebutuhan makhluknya  pada hari itu yang mau menunaikan solat dhuha enam rekaat dipagi harinya  dan menyempurnakan hari nya dengan solat solat sunah qobliyah maupun bakdiyah ..

Dan beliau juga mengajarkan untuk mau solat di sepertiga malam ,tahajut saat orang orang terlelap meminta kepada Allah karena kita berhak meminta apapun kepada Allah dan Allah juga berjanji akan mengabulkan permintaan hamba yang sungguh sungguh mau meminta kepada Nya..

Kaya tanpa harta

Menjadi orang kaya tapi tetap istiqomah bahwa hartanya hanya untuk di jalan Allah dan memberikan kemanfaatan bagi orang lain ..hartanya tidak semata semata untuk kesenangan sendiri ..mungkin ini yang kadang manusia lupa ketika dia diberikan sedikit harta titipan oleh Allah

well,tentu tausiah tausiah beliau bukan hal yang asing bagi kita yang ada di Indonesia .Dulu ketika di Indonesia saya senang mendengar tausiah seperti itu tapi  hanya masuk di hati dan mental karena hati kecil saya selalu bilang dulu,..apanya yang mau disedekahin dari kekayaan saya yang tidak punya apa apa selain sedikit uang buat bekal makan dan sepeda motor untuk mengantar aktifitas sehari hari..sudah biasa..

Tapi di jepang seakan lain..

seperti kita tahu bahwa banyak orang Indonesia yang tinggal di jepang rata rata memiliki penghasilan yang lebih bila dibandingkan dengan saudara saudara masyarakat biasa di Indonesia karena selisih  kurs mata uang saja..mahasiswa di jepang mungkin beda dengan mahasiswa biasa di Indonesia ,karyawan biasa di Indonesia mungkin penghasilannya beda dengan karyawan biasa di Indonesia..

Ada sesi menarik setelah sesi tausiah berakhir ..

Beliau menawarkan kepada kami bahwa beliau akan mendirikan proyek besar besaran pesantren gratis dan 100.000 penghafal Alquran ..dan beliau memberikan tawaran kepada kami untuk memberikan sedekah terbaik kepada Allah..pihak penyelenggara hanya membagikan kertas kepada hadirin yang hadir saat itu dan ustadz YM mempersilahkan bagi siapa saja yang mau menyedekahkan hartanya yang terbaik untuk di berikan di jalan Allah..supaya ia menuliskan berapa dia sanggup menyedekahkan hartanya yang mungkin hasil kerja keras selama di jepang atau bagi mahasiswa mungkin adalah biaya dari studinya di jepang..subhanallah..tentu ini tantangan yang luar biasa seberapa cinta kita akan harta ,seberapa percaya kita akan janji dan kekuasaan Allah,Seberapa Ikhlas hati kita bila harta yang kita cintai dikembalikan untuk jalan Allah..

ustadz YM

Tentu ini tantangan yang luar biasa bagi sekitar 200 hadirin yang hadir saat itu..dan alhamdulillah setelah kertas dikumpulkan dan beberapa hadirin juga ada yang mengumpulkan secara tunai pada saat itu bisa terkumpul uang tunai sekitar 70-75 juta rupiah dan dalam bentuk bukan tunai  Insya Allah hampir mendekati 780 juta rupiah dari sekitar 150-200 hadirin yang hadir saat itu..jadi total sedekah saat itu insya Allah sekitar  850-900 juta rupiah (karena masih dalam bentuk yen dan belum di kurs ke rupiah) dan insya Belum dari saudara saudara yang di  tokyo maupun di kyoto..semoga lebih besar lagi..

img_0798

Jumlah segitu tentu tidak ada apa apanya bila dibandingkan dengan seseorang yang berani menyedekahkan seluruh hartanya yang mungkin bisa bernilai 4 milyar rupiah untuk jalan Allah ..anggap saja satu hadirin memiliki tabungan antara 50 juta-1 milyar rupiah saat itu..karena hadirin saat itu memang bercampur antara trainee ,karyawan dan juga mahasiswa Indonesia yang ada di jepang..

Saya tidak ingin memamerkan berapa jumlah sedekah saat itu untuk kesombongan dan menjadikan riak..Insya Allah Tuhan Maha Tahu..Jumlah segitu tentu sangat kecil dan tidak ada apa apanya tapi lewat postingan ini saya hanya ingin berbagi motivasi bahwa lewat sedekah Allah akan memberikan dan mengembalikan  harta kita kepada kita dengan jalan dan sesuatu bentuk yang tidak akan pernah kita duga ..saya Insya Allah percaya dan semoga anda juga percaya akan janji Allah..

Dan setelah tausiah selesai ada yang unik ketika panitia memberikan doorprize kepada siapa saja yang membawa Alquran didalam tasnya ,kepada  siapa yang sedang menjalankan puasa sunah,kepada siapa yang sudah hafal Alquran juz 30 ,kepada siapa yang sebelum berangkat menyempatkan solat dhuha,kepada siapa yang semalem mengerjakan qiamul lail ..dan subhanallah ternyata banyak dari teman teman saya di jepang yang mengerjakan ketaatan ketaatan seperti itu..betapa malunya diri saya yang tidak maju bukan karena doorprize tapi karena saya belum termasuk diantara itu..betapa malunya saya yang hanya diam saat itu..

Pada saat yang sama panitia juga mengumumkan ada dua orang yang kehilangan dompet dan pada saat itu juga ternyata ada yang menemukan dan dompet langsung kembali ke pemiliknya..subhanallah betapa indahnya bangsa indonesia saat itu..

img_0801rakyat indonesia mulai ketularan budaya antri di jepang meski hanya untuk wudlu di toilet ..indahnya bila budaya seperti ini  benar benar mebudaya di Indonesia..

solat di sudut

tidak ada musholla lobby pun jadi tempat untuk mengingat Allah  ,ini di jepang boss susahnya mendapati mushola..

cuplikan video insya Allah akan menyusul..semoga bermanfaat

Perihal

aku adalah aku apa adanya seorang yang berjalan mengikuti garis hidup tapi bukan seorang yang psarah kadang selengekan meski bukan slanker kadang romantis meski bukan arjuna kadang jadi anak manis kadang pethakilan meski bisa berubah ubah tapi bukan bunglon bukan pula banci karena aku selalu gentleman dalam setiap urusan..

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam gaya hidup, jalan jalan, jepang, merenung, religius
10 comments on “In my brain:“wisata hati bareng ustadz yusuf mansyur in nagoya..“
  1. kezedot mengatakan:

    malam sahabat………………….
    asyiknya bisa merasakan nilai plus plus saat mengikutiwisata hati ini
    jadi ingin diajak kapan kapan bang? heheh………
    salam hangat dalam dimensinya blue

  2. hanum01 mengatakan:

    Subhanaallah…

  3. heri koesnadi mengatakan:

    kok bisa yah hafal al quran, hebat bener…

  4. fairly mengatakan:

    aq dah pnh baca bukunya ustadz YM, sempet terharu saat itu. Mudah2n qt bs mjlnx isi tausiahx beliau secara istiqomah y, amin

  5. bocahbancar mengatakan:

    Wah subhanaallah Mas…

    Semoga Jepang bisa mendaoat curahan Rakhmad Allah karena banyak orang beriman di sana(dari orang Indonesia dan warga muslim lainnya)

  6. kezedot mengatakan:

    kayaknya blue juga ingin ketemu ustadnya dech biar kagak bocor otak ngeresnya heheh.
    salam hangat dalam dimensinya blue

    sukses selalu ya bang

  7. INA ROEMSI mengatakan:

    Salam Ukhuwah !! Saudaraku,,,, ajak hijrah dong ke Jepang,, Ane berharap suatu waktu bisa pergi kesana untuk study… Allahu Akbar !

  8. zakiya mengatakan:

    assalamualaikum,
    terima kasih infonya…smg suatu saat bisa punya kesempatan ikut trainingnya..:)
    terima kasih

  9. wahid dudin* mengatakan:

    subhanallah ustadz, saya kgum nglaitnya, sukses ustadz…

  10. henytresna mengatakan:

    Janji Allah itu, subhanallah, memang nyata, ceritanya, suamiku jual motor Rp.3,5 juta mau beli yg baru,
    diam2 uangnya aku niatin untuk sedekah semuanya, tp……. cuma Rp.1.750 rb aja yg sempet aku sedekahin…………. seminggu selesai sedekah, tahu2 sepupuku telpon, tanah kosong yg aku miliki ada yg mau sewa (padahal selama ini susahnya minta ampun, udah dr tahun 2007 belum ada yg jadi ngontrak), alhmadulillah ternyata tidak lebih dari satu bulan, kontrak itu terlaksana, nilainya Rp.95 juta (karena tanah ini milik berdua dengan adikku, yah masing2 dapat Rp.47.5 juta). kalu ustadz YM bilang kita akan dapat ganti 10 kali lipat, aku alhamdulillah selalu mendapat nilai yg lebih besar dari itu, tapi pertama2 niatnya ikhlas dan sadar bahwa memang itu hak kaum duafa (dan jangan lupa sholat tahajjud dan dhuha diamalkan). salam, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tamu yang terhormat
  • 137,744 jabat tangan
Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Arsip
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
%d blogger menyukai ini: