It`s about spiritual experience a moslem indonesian man in japan corner…

Menjadi seorang muslim dan berniat untuk menjadi muslim sejati tidak lah mudah..Di jepang sangat beda dengan di Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.Sebuah pengalaman spiritual tentang seseorang yang sedang belajar menggali sebuah makna hidup dengan menentukan sebuah pilihan jalan hidup untuk menjadi seorang muslim sejati tidaklah mudah di jepang..

img_0838

A beach in a place in japan

Hari ini ada seseorang pemuda yang menghampiri saya untuk mengajak ke masjid untuk solat berjamaah bersama..memang untuk sekedar pergi ke masjid di jepang dengan di indonesia sangatlah beda..di Indonesia mungkin dapat dengan mudah menjumpai masjid atau musholla di setiap sudut tempat..selalu tidak ada kekhawatiran untuk menunaikan perintah Allah karena dapat dengan mudah menjumpai tempat beribadah di mana mana..

Hal ini beda dengan kondisi di jepang…banyaknya masjid yang ada di negara ini mungkin bisa dihitung dengan jari..Kekuatan spiritual seseorang laki laki yang sudah terbiasa di Indonesia menjalankan rutinitas ke-musliman nya di Indonesia mungkin akan menjadi berbeda ketika dia menentukan pilihan untuk hidup di negara jepang dengan latar belakang budaya yang kuat yang sama sekali bertolak belakang dengan budaya islam yang ada di Indonesia..

Jarak satu masjid dengan masjid yang lain di negara ini mungkin bisa berpuluh puluh kilometer..seorang muslim yang jarang menjumpai masjid secara perlahan lahan akan dengan mudah terkikis oleh gesekan budaya budaya dan pemandangan yang mungkin tidak sesuai dengan jiwa kemuslimannya..sesuatu yang tidak biasa mungkin akan dianggap menjadi biasa karena terbiasa oleh keadaan..Di tempat tempat umum,stasiun dan pusat keramaian akan dengan mudah menjumpai pemandangan wanita wanita jepang dengan gaya pakaian yang mungkin sangat mengundang birahi laki laki..sesuatu yang tidak biasa,..setiap hari ,…setiap hari lama lama akan dianggap biasa tanpa disadari bahwa itu adalah sebuah godaan sekaligus ujian bagi seorang laki laki muslim yang hidup di jepang..dan menjaga pandangan mungkin sangat sangat berat bagi seorang laki laki..

Ketika saya bergaul dan berkumpul dengan orang orang jepang sudah menjadi hal yang umum bahwa setiap ada pertemuan pasti tidak luput dari acara minum bir atau anggur..meski saya masih menolak secara halus tapi ada diantara rekan rekan saya yang mengaku muslim tapi terbawa oleh situasi dan ikut menenggak minuman haram..sungguh sangat prihatin ketika jiwa muslim mereka sudah terkotori oleh budaya yang salah menurut kamus seorang muslim ..

Di negara jepang ini tidak mudah untuk setiap kali mendengar suara adzan atau bedug atau takbiran di hari raya yang mungkin bisa cukup untuk sekedar alarm mengingat Tuhan di sela aktifitas sehari hari..benteng benteng iman seseorang mungkin juga akan terasa berbeda..kebiasaan makan dan mencari makanan halal yang mungkin butuh sedikit perjuagan di negara ini tentu juga akan memperngaruhi kebiasaan makan ala muslim ketika di negara ini..

Hari ini pertama kali ketika saya dipanggil dengan sebutan “ustadz “oleh seorang jamaah masjid di jepang yang kebetulan setiap minggu sekali mengadakan kajian kajian islam dengan jamaah dari berbagai negara ,Indonesia,pakistan ,srilanka,singapura,malaysia dan mungkin ada jamaah negara lain yang tidak saya ketahui negaranya..

Rasanya seperti ditampar beribu ribu kali pipi saya ketika saya dipanggil demikian .Karena seumur hidup belum pernah menerima panggilan secara serius dengan sebutan demikian..saya sangat malu dengan diri saya sendiri yang masih sangat sangat butuh pelajaran karena masih banyak sekali mata ini yang memandang zina dan ucapan ucapan tak berguna ..satu hal yang saya rasakan ketika hidup di negara ini untuk menjadi seorang laki laki muslim yang belajar untuk memegang teguh keyakinan muslim saya, sangat sangat berat dan saya rasakan sangat berbeda dengan di Indonesia..dan mungkin ini mewakili perasaan laki laki muslim Indonesia lainnya yang saat ini berada di negara ini..

Sebuah catatan kecil ini semoga berguna untuk laki laki  muslim Indonesia yang ingin mepersiapkan dirinya ingin hidup di jepang entah untuk belajar atau keperluan lainnya..bahwa bekal ketahanan spiritual sangat sangat penting untuk hidup di negara jepang ,kalau tidak anda akan dengan mudah terkikis dan terbawa oleh kebudayaan dan peradaban ala baru yang sangat sangat berbeda  dengan di Indonesia meskipun banyak juga diantara teman teman saya yang justru mendapatkan hidayah Nya ketika hidup di negeri ini karena semua keduniawian seakan akan di tunjukkan oleh negara ini dan kita hanya tinggal disuruh memilih sebuah jalan,..jalan kita sendiri..

Perihal

aku adalah aku apa adanya seorang yang berjalan mengikuti garis hidup tapi bukan seorang yang psarah kadang selengekan meski bukan slanker kadang romantis meski bukan arjuna kadang jadi anak manis kadang pethakilan meski bisa berubah ubah tapi bukan bunglon bukan pula banci karena aku selalu gentleman dalam setiap urusan..

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam gaya hidup, jepang, merenung, religius, Uncategorized
8 comments on “It`s about spiritual experience a moslem indonesian man in japan corner…
  1. Ando-kun mengatakan:

    Wah bro, anda seorang karyawan pabrik Jepang dgn jadwal kerja padat tapi suka ke masjid. Benar2 salut.
    Saya sendiri bisa dikatakan jarang ke masjid. Sholat jum’at sekalipun cuma melakukannya di mushola kampus, barengan sama mhsw muslim lain yg “malas” ke masjid. Untuk sholat 5 waktu saya terpaksa pakai pojokan kosong nyempil di lab, itupun sholat sendiri bukan jama’ah. Padahal jarak rumah ke masjid cuma 45 menit naik bus doang.

    Soal jaga pandangan, aneh banget. dulu memang bisa melotot penuh napsu ngeliatin cw sma pake rok pendek di stasiun atau dalam kereta listrik. Sekarang malah biasa aja, boro2 mikir jorok, malah sibuk baca atau malah tiduran.

    Paling tidak dengan tinggal diluar negeri, kita bisa belajar untuk menghargai orang lain yang berbeda tanpa harus mengorbankan prinsip diri sendiri. Lagipula, saya juga masih dalam tahap belajar untuk tidak jadi orang munafik. Jadilah baik karena dirimu sendiri, tak perlu jadi orang baik cuma karena ingin disebut orang lain baik.

  2. giyzt mengatakan:

    itulah tujuan blog ini di buat mas bro ando kun..sebagai tempat untuk saling mengingatkan terutama bagi saya pribadi dan syukur syukur bagi yang mau membaca untuk terus saling belajar mengingatkan dan mengambil sesuatu yang baik dari jepang..meskipun kadang saya selingi dengan kekonyolan kekonyolan

  3. Fuad mengatakan:

    Datang lagi nih, bener bro, di indonesia saja saya dh miris dan kadang2 terpengaruh juga apalagi kalo saya kerja dijepang, weleh-weleh bisa habis tu iman. salut buat kamu bro bisa tahan semua godaan dan saya dan sobat smua di indonesia seharusnya mencontoh ntu semua.

    silahkan mas fuad..wah saya aja sering nggoling dan mati matian agar tetep tidak nggoling ..makanya bikin blog ini..

  4. Didien® mengatakan:

    itu ujian utk keimanan kita bro… tetap beriman dan bertaqwa yah..😉
    link anda udh masuk di member IBSN, silahkan cek di IBSN Portal.. selamat datang di dunia IBSN *Berbagi Tak Pernah Rugi*

  5. khasan mengatakan:

    nah gitu dong bruur……ayo ……fastabiqul khoirot……temen2 yang laen….ingat 5 sebelum yang 5…Muda sblom tua,Sehat sblom sakit,senggang sblom sempit…kaya sblom miskin…yang 1 lagi apa hayooo….

  6. bocahbancar mengatakan:

    Wah Maz postingan kali ini cukup berat yaw, tidak seperti biasanya, pasti ngakak, lihat Nirvana itu..

    Iyah Maz, alhamdulillah saya sudah terbiasa dengan jauh dari Orang Tua, dan teman satu0satunya adalah rumah Allah, Masjid….

    Saya akan mempersiapkannya lagi sematang mungkin, karena seseorang tidak bisa diduga, semoga ALlah selalu memberikan secercaha cahayanya ke[ada saya dan Maz Giyzt dan yang lainnya pula, amiinnn….

    Impian saya ke Jepang tetap berlanjut Maz…..

    Semangat…..

    yosh…gambaruzo…

  7. […] tentunya tidak hanya kata kata yang begituan yang nyangkut di blog ini tapi hal hal yang berbau religi kadang juga nyangkut ..untuk screen shootnya ya maaf ga bisa di tampilkan karena terlalu banyak dan […]

  8. tika mengatakan:

    hidup ditempat orang susah ya……..
    agak repot kalau udah soal agama.

    tapisalut lagi

    terima kasih tika..:-p

Tinggalkan Balasan

tamu yang terhormat
  • 137,763 jabat tangan
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Arsip
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
