potret perawat Indonesia di jepang…

huamm..pagi pagi kriyip kriyip  ga ingin ketinggalan berita yang di bawakan oleh pembawa berita favorit gue di jepang..langsung tak pencet rimote tipi..wehh keluar lagi berita perawat perawat tanah air yang begitu semangat dan disambut bak artis  Indowood di jepang..

cimg0203

pict ;potonya seorang perawat orang tua jompo mbak.M yang keluar di tipi jepang..

Wagh wagh..jadi terenyuh juga kalau lihat mbak dan mas perawat yang masuk di tipinya jepang ..Ya mereka harus belajar bener bener bahasa nya jepang buat kelancaran komunikasi dalam kerjaan mereka menghadapi orang orang tua jompo di jepang..memang kadang menghadapi orang kadang lebih sulit dibanding menghadapi komputer atau mesin..

Kehadiran mereka di jepang memang mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat jepang sendiri yang masih kekurangan tenaga perawat untuk orang orang tua dan panti jompo..berbagai reaksi dan tanggapan pun sempat menjadi polemik di jepang..hal ini berkaitan dengan ketatnya kebijakan pemerintah yang mengharuskan mereka para perawat perawat ini harus lulus ujian bahasa jepang..(yaagh komunikasi memang penting kalau ndak bisa ngomong bagaimana merawat orang orang tua itu ..)..toh hal itu juga demi kebaikan mereka juga sendiri bisa bertambah ilmunya selain merawat orang juga bisa bahasa jepang tentunya,..

Polemik memang tidak hanya masalah bahasa …keberadaan mereka yang beragama islam yang mengharuskan solat diantara pekerjaannya nampaknya bisa dimaklumi oleh pemakai jasa asal tidak mengganggu pekerjaan .yaaa seperti kita tahu bahwa meskipun orang orang jepang agamanya sebagian besar ndak jelas tapi masalah toleransi agama bolehlah..

Dengan gaji 160.000 yen /bulan saat kenshu hmm..lumayan gedhe juga..mereka memang nampak semangat menjalani hari hari mereka sebagai perawat orang jompo ..mungkin ada sedikit yang gue lihat adalah senyum khas Indonesia  di jepang..selain tentunya senyum gue sendiri juga hehe..

lihat juga videonya juga boleh dah tak upload di youtube nih..

Satu hal yang saya salut dari pola pikir jepang adalah tetap menganggap mereka sebagai seorang yang menjalani sebuah profesi yang diperlakukan sama dengan masyarakat jepang sendiri..jadi saya juga membantah bahwa kesan seorang Indonesia yang merantau keluar negeri seolah olah hanyalah buruh atau pembantu tanpa skill..

sekian liputan dari kamar gue,..ah..lanjut bobox lagi atau bangun nih..uaaahmmm…

gambaree  mas dan mbak perawat Indonesia di jepang…

Perihal

aku adalah aku apa adanya seorang yang berjalan mengikuti garis hidup tapi bukan seorang yang psarah kadang selengekan meski bukan slanker kadang romantis meski bukan arjuna kadang jadi anak manis kadang pethakilan meski bisa berubah ubah tapi bukan bunglon bukan pula banci karena aku selalu gentleman dalam setiap urusan..

Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam gaya hidup, jepang
16 comments on “potret perawat Indonesia di jepang…
  1. fairly mengatakan:

    hmm… dkantor t4 ku kerja, ad org jepunx jg, kdg bahasax campur sari gt d. indonesia, jepang, inggris. lucux klu lg bicara sm OB, y mrk ra mudeng he.. he.. (gomen kai san, aq lg curhat karo giyzt)

    wah wah curhat boleh aja..asyik keknya ..kl ga mudheng di kerjaian aja dia..xixixi dasar uteknya giyzt kadang suka jahil..

  2. agnessekar mengatakan:

    Hallo Giyzt, senang bisa berjalan-jalan lagi di Blognya, tambah ramai dan tambah kreatif, yang bisa saya tangkap orang-orang di Jepang sangat mengerti menghargai skill seseorang, karena memang tenaga manusia disana kurang, apalagi mereka menghargai pelayanan karena memang sulitnya mencari tenaga pelayanan, Untuk itu profesi perawatpun sangat mereka hargai, siapa dulu donk, kan leluhur mami ku. Okay giyzt sampai jumpa pada jalan-jalan berikutnya.

    Regards, agnessekar.wordpress.com

    begitulah adanya mbak..seneng mampir lagi kemari..

  3. Ando-kun mengatakan:

    Hai Giyzt, pengen ngomentarin postingan diatas.
    TV nya bagus, merek apa yah?😆😆

    merk nya ric sony …brrr…brrr..

  4. bocahbancar mengatakan:

    Wah saya juga memberikan info mengenai kebutuhan masyarakat Jepang terhadap perawat dari Indonesia ini..

    Dan Maz Gyzt yang memberikan liputan keadaaan di sana seperti apa he he he..

    Siip lah..

    Saya semakin bersemangat ajah maz…

    Oh iya sudha saya kunjungi kok BLOG nya Maz Agustian tentang sekolah bahasa…

    Alhamdulillah bisa memberikan banyak ilmu …

  5. […] ini dia ternyata ada postingan tentang perawat dari Maz Giyztar yang diterbitkan tanggal 26 Februari […]

  6. ahmad mengatakan:

    perawat itu kerjaan yg mulia lho, salut sama mereka

  7. Ando-kun mengatakan:

    Betul. Kerjaan mulia. Dapet duit lagi. bentuk duitnya Yen lagi.

    Lagian siapa tau waktu kerja diJepang ketemu orang Jepun baik hati yang mau ngelamar. Atau paling nggak ketemu sama orang Indonesia yang kerja di Jepang, kenalan dan akhirnya bisa naik pelaminan. Lumayan bisa tinggal lebih lama di Jepang:mrgreen:

  8. zipzoner mengatakan:

    wah lumayan juga 160.000 yen ,pengen…

  9. chairuddin mengatakan:

    160.000 yen yah? ya mungkin kalo dirupiahkan jadi 19.840.000 rupiah. jumlah yang besar ya kalo di indonesia. Tapi coba kalo itung2 nya di jepang.
    makan.
    sekali makan di jepang sekitar 1.250 Yen = 155.000 rupiah.
    sehari (3 kali makan) = 3 x 155.000 = 465.000 rupiah.
    sebulan (30 hari) = 30 x 465.000 = 13.950.000 rupiah = 112.500 yen.
    sisanya = 47.500 yen
    kira-kira dapat apa ya dengan 47.500 yen kalo buat makan sekali aja udah 1.250 yen.
    sekedar tambahan : rokok aja rata-rata sebungkus 350 yen (mungkin ini udah yang termurah) 350 yen = 43.400 rupiah.
    buah manggah di rumah makan denny’s di nagoya = 550 yen / buah = 68.200 rupiah. itu kalo saya gak salah baca brosur disana. mudah2 an saya salah.
    kalo di indonesia dah dapet berapa kilo tuh?
    so… hebatnya negeri orang tetap lebih hebat dan lebih indah dinegeri sendiri.
    hebatnya paha2 wanita dijepang yang selalu diangkat tinggi2, tetap lebih indah yang dinegeri sendiri.
    indonesia hebat kok bung. hanya tinggal ditata aja moralitas nya.
    Sekarang aja saya lagi di nagoya jepang. dan selalu yang teringat Indonesia ku tercinta, disana saya kan kembali dan moga mengakhiri hidupku di tanah tumpah darahku.

    betul mas..Indonesia sebenarnya hebat cuma nata moralitas itu yang sulit dan terutama soal disiplin ,..kalau banyak yang sadar akan disiplin dan taat peraturan pasti negara kita cepat maju..keindahan kadang relatif mas bagi sebagian orang tapi saya juga yang made in lokal aja .

    soal penghasilan menurut saya relatif juga mas..bagi seorang tukang becak mungkin uang segitu dah segedhe gunung tapi buat seorang direktor mungkin hanya titik air di laut..hanya peribahasa saya aja mas..insya Allah sayapun ikut jejak mas chairudin mengakhiri hayat di tanah air..

  10. Agus mengatakan:

    Saya dulu pernah kerja di jp dengan gaji 60 rebu naik menjadi 120 rebu tapi alhamdulilah cukup walau kecil. Sekarang di tanah air yg tercinta ini pekerjaan saya tidak menentu dan semua seraba mahal. Kadang ada keinginan untuk kembali kejepang mudah 2han ada jalan tapi saya juga tidak putus asa untuk bekerja demi anak istri gambarimas. Saya kangen kehidupan jepang yg serba teratur dan aman sekali . Kita juga hidup tentram dan nyaman wasalam mina san

  11. tri mengatakan:

    saya seorang perawat juga yang ingin sekali bekerja di jepang…..mohon doanya semoga tahun depan bisa nyusul rekan2 yang di sana…

  12. nuriedream mengatakan:

    untuk perawat indonesia yang ada di jepang ganbate,,,tugas kalian mulia,semoga tahun depan maret 2011 kalian lulus ujian,jika lulus bkn semata2 krn gajih yg naik berkali lipat,tp suatu pembuktian bahwa perawat indonesia setara dngn perawt yg ada sana,,memang berat dengan kendala bahasa,hiragana,katakana apalagi kanji,tp tidak ada yg tidak mungkin,dengan kerja keras dan semangat belajar semoga bisa tercapai,doomo arigato gozaimasu.

  13. zahra mengatakan:

    q juga calon perawat ne….dah jadi impian buat kerja di jepang, bisa nolong orang bisa dapet gaji n bonusnya dapet ilmu tambahan yang bisa diterapkan setelah kembali ke kampuang halaman tercinta…..
    semoga bermanfaat n bisa diberi izin dari umi dan abi…..!!!!
    doain ya…..!!!

  14. zahra mengatakan:

    o….ya….boleh jilbabban g’ klau kerja disana…???

  15. paulus mandiara mengatakan:

    klu kerja kejepang,gmn crnya yah………n harus bisa bahasa jepang gak………………sy tertarik nih ikut kejepang

  16. Edi Kusnanto mengatakan:

    alhamdulillah berkat usulan teman teman perawat yang mengikuti program persahabatan sekarang terwujud pada waktu itu th 2005 mengusulkan bisanya perawat indonesia dapat bekerja di jepang .selamat sukses salam dari alumni kapija 21.domo arigato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tamu yang terhormat
  • 137,744 jabat tangan
Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
Arsip
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
%d blogger menyukai ini: