Selamat jalan eyang …

Sedih juga saat tiba tiba orang yang kita sayangi lebih dahulu dipanggil Allah..mungkin memang sudah menjadi garis hidup bahwa eyang harus dipanggil ketika aku tengah dalam pengembaraan ini.Memang Allah Maha Besar..masih keinget kata kata eyang saat aku mulai menjijing koporku di temani bapak yang mengantarkan sampai di terminal bus untuk menjalani pengembaraan di negeri ini..

Begini katanya dalam bahasa jawa..“…lee nek koe lungo terus aku mati piye..?.“(..artinya kalau kamu pergi terus aku meninggal bagaimana.?)..saat itu aku terdiam dan kujawab ..“..eyang mesti tasih gesang nek kulo dereng mantuk..(eyang pasti masih sehat selama saya belum pulang)..ku tarik perlahan lahan koperku menuju bus yang akan mengantarku ke terminal dan selama perjalanan aku hanya terdiam perlahan lahan melihat eyang yang meneteskan airmata dari kejauhan..

Eyang merupakan orang yang paling memperhatikanku dari urusan urusan sepele..mengingatkanku untuk makan ,memanasi air untuk keperluan mandi pagi sebelum sekolah karena dikampung halaman udaranya dingin banget kalau pagi hari,ngomel ngomel kalau aku begadang sampai larut karena nonton duel MUxJuventus atau MUx Chelsea,nemenin aku bangun  pagi pagi untuk sahur bila sedang puasa sunnah ..bakarin aku ketela karena aku memang demen banget sama ketela..apalagi kalau dibakar sampai gosong wuuih mantaf..maknyuss .Dan kalau kangen ketela dijepang juga ada meski harganya sebatang 100-200yen muaahal dengan harga segitu dah bisa beli ketela sekarung kalau dikampung dan bisa makan sampai muntah muntah..

Eyang juga orang yang paling mengerti kalau aku lagi sedih saat ditinggal atau putus cinta..biasanya dia akan mendekati aku dan bilang``..koe kenopo  le..??“(kamu kenapa nak??)..eyang tau aja ekspresi wajahku saat aku sedang gelisah dan tiba tiba aja dateng ke kamarku dan mulai mijit kakiku dengan tangan lemahnya..ga berasa pijitan eyang tapi membuat kenyamanan tersendiri saat itu dan membuat ku segera pulas meski belum mandi sepulang sekolah dulu..

Kaget ketika eyang ternyata dah dipanggil bener sama Allah dan ga bisa menunggu ku sepulang dari jepang.Ku memang ga bisa pulang waktu itu karena ada kerjaan yang bener bener ga bisa ditinggal dan bisa kacau kalau aku tinggalkan karena saat itu perusahaan benar benar sibuk dan minggupun ga ada libur, yaah meski gara gara krisis global sekarang langsung drop..dan harus libur tiga hari dalam seminggu..lagian oertu dan adikku juga ga memberi kabar kalau eyang dah dipanggil yang Kuasa ..mereka ga mau buat aku sedih katanya.Dan aku tahu kabar kalau eyang meninggal malah dari seorang teman dan itupun seminggu setelah eyang meninggal..

Eyang memang orang yang luar biasa .Di setiap detik nya jari jari tangannya kulihat selalu bergerak karena dalam setiap yang dilakukan beliau selalu memanjatkan dzikir dan solawat meski hanya dalam batin.Kuputuskan untuk  tetap tidak pulang meski eyang meninggal .Kupanjatkan doa dari jauh semoga eyang tenang disisiNya..Kasih sayang eyang terhadap cucunya memangkadang kadang kurasakan melebihi kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya sendiri..meski kasih sayang ibu adalah kasih sayang yang utama dan tak terukur..Selamat jalan eyang semoga damai disisNya..

Perihal

aku adalah aku apa adanya seorang yang berjalan mengikuti garis hidup tapi bukan seorang yang psarah kadang selengekan meski bukan slanker kadang romantis meski bukan arjuna kadang jadi anak manis kadang pethakilan meski bisa berubah ubah tapi bukan bunglon bukan pula banci karena aku selalu gentleman dalam setiap urusan..

Tagged with: , ,
Ditulis dalam merenung, religius
2 comments on “Selamat jalan eyang …
  1. hamka mengatakan:

    wAH turut berduka cita aku

  2. ncupndut mengatakan:

    turut berduka cita mas…

Tinggalkan Balasan

tamu yang terhormat
  • 137,763 jabat tangan
Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
Arsip
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
